√ Cara Memancing Lebah Klanceng Paling Ampuh

Selasa, 02 Januari 2018

Cara Memancing Lebah Klanceng Paling Ampuh

Cara Memancing Lebah Klanceng

Lebah klanceng memiliki nama latin Apis Trigona sp. Lebah ini memiliki ukuran fisik yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan lebah madu. Bahkan, bisa dikatakan lebih kecil daripada lalat. Ciri fisik lebah klanceng adalah berwarna hitam dengan kski berbulu. Hewan ini biasanya hidup di celah-celah pohon yang kering atau lubang pada tembok.

Setelah kemarin membahas tentang cara memancing lebah madu, maka pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial mengenai cara memancing lebah klanceng agar datang. Ngomong-ngomong, sudah pada tahu belum nih cara memancing lebah klanceng? Kalau belum, silahkan simak artikel ini.

Cara Memancing Lebah Klanceng

Sebelum memancing lebah klanceng, ada syarat yang harus dipenuhi. Layaknya memancing lebah madu kemarin. Kita juga harus menemukan lingkungan atau lokasi yang terdapat banyak koloni klanceng. Selain itu, kita juga perlu menyiapkan kotak atau stup klanceng yang sudah bebas bau bahan kimia atau bau lainnya.

Jika syarat diatas sudah terpenuhi, maka langsung masuk ke caranya dibawah ini.

Pertama, perhatikan tempat yang banyak koloni klanceng dan juga lokasi penempatan hive kotak ternak yang jumlahnya lebih dari 10 atau 50 kotak. Tempatkan kotak yang masih kosong sekitar 10, 30, atau 50 meter dari kolasi koloni klanceng. Untuk penempatan kotak kosong, pilih lokasi yang disukai klanceng untuk bersarang. Contoh tempat yang disukai klanceng adalah tempat yang rada teduh seperti kusen pintu dan jendela.

Kedua, tunggu musim penecahan koloni. Saat koloni padat, maka otomatis koloni klanceng akan pisah dan membuat ratu baru secara alami. Jadi, semakin banyak koloni klanceng yang ada disitu, maka semakin besar pula kemungkinan kotak jebakan akan ditempati. Jika ada tempat lain yang disukai, maka koloni klanceng akan memilih tempat lain yang sudah disiapkan tadi. Oleh karena itu, buatlah kotak yang kreatif dalam artian seperti alami buatan klanceng.

Ketiga, hilangkan atau jauhkan dari tempat yang banyak lubang alami yang disukai klanceng. Karena bisa jadi, klanceng lebih memilih tempat tersebut daripada kotak yang sudah dibuat tadi. Oleh karena itu, lebih baik hilangkan atau jauhkan saja jika memang terdapat lubang alami tersebut.

Testimoni Peternak Klanceng

Saat peternak tersebut memiliki cukup banyak koloni di belakang rumah, setidaknya ada 100 kotak. Tanpa ada niatan memancing klanceng, dia menaruh kotak kosong di depan rumah. Tanpa waktu yang lama, ada koloni yang masuk diantara tumpukan kotak kayu peternak tadi. Saat klanceng di depan rumah, peternak menaruh kotak kosong di depannya kira-kira 1,5 sampai 5 meter. Dan ternyata, kotak kosong tersebut juga ditempati oleh klanceng.

Berdasarkan testimoni peternak klanceng diatas, maka bisa disimpulkan bahwa cara memancing lebah klanceng ini memang terbukti ampuh. Semoga bermanfaat.

Belum Ada Komentar untuk "Cara Memancing Lebah Klanceng Paling Ampuh"