√ Bunga yang Disukai Lebah Klanceng

Sabtu, 06 Januari 2018

Bunga yang Disukai Lebah Klanceng

Bunga yang Disukai Lebah Klanceng

Layaknya jenis lebah madu lainnya, lebah klanceng juga mengandalkan bunga sebagai sumber makanan utama. Klanceng memanfaatkan nektar yang ada pada bunga sebagai sumber energi. Bukan hanya itu, klanceng juga mengumpulkan serbuk sari sebagai sumber protein. Lebah klanceng akan menyimpan kelebihan nektar dan serbuk sari di dalam pot-pot propolis yang nantinya akan menjadi madu serta beepollen.

Klanceng bukan jenis lebah yang sulit dalam hal pakan. Asalkan banyak bunga di sekitar sarangnya, maka klanceng akan betah tinggal disitu. Namun, berbeda lagi jika untuk tujuan budidaya. Kita memerlukan jenis tanaman yang efektif sehingga mampu memperkuat koloni klanceng serta meningkatkan produktivitas lebah klanceng ini.

Bunga Kesukaan Lebah Klanceng

Nektar bunga merupakan makanan lebah klanceng paling pokok. Ada beberapa jenis bunga yang bisa dikatakan bunga kesukaan lebah klanceng. Mungkin, bunga ini bisa juga diandalkan untuk sumber nektar serta beepollen untuk lebah klanceng.

#Bunga Air Mata Pengantin

Bunga air mata pengantin atau AMP merupakan jenis tumbuhan rambat yang biasa tumbuh liar di dekat parit dan selokan. Namun, ketika dirawat dengan baik, bunga air mata pengantin bisa menjadi bunga hias yang indah. Karena jumlah untum bunganya sangat banyak, klanceng sangat rakus ketika mengisap nektar dan pollen pada bunga ini.

#Bunga Batavia

Bunga batavia juga disebut dengan jarak pagar atau jathropa. Bunga ini rajin berbunga sepanjang tahun, tidak mengenal musim sama sekali. Dari segi perawatan, juga bisa dikatakan sangat mudah. Cukup dengan penyiraman dan pemupukan secara rutin, maka bunga ini bisa hidup. Bunga batavia menyediakan nektar dan serbuk sari yang bisa dikatakan melimpah untuk lebah klanceng.

#Bunga Belimbing

Bunga belimbing sama halnya dengan bunga batavia, yaitu rajin berbunga sepanjang tahun tanpa mengenal musim sama sekali. Lebah klanceng sangat suka dengan nektar dari bunga belimbing. Sebenarnya kandungan nektar pada bunga belimbing hanya sedikit. Namun karena jumlah kuntum bunganya banyak, maka bunga belimbing cocok dijadikan sumber makanan klanceng.

#Bunga Xanthostemon

Bunga xanthostemon atau dikenal dengan nama Golden Penda adalah tumbuhan endemik Australia. Ciri fisik tumbuhan ini hampir mirip dengan jambu air, mulai dari bentuk daun, pohon, hingga bunganya. Nektar yang dihasilkan oleh bunga xanthostemon sangat melimpah dan disukai lebah klanceng. Bukan hanya itu, bunga ini juga sangat cocok untuk memperindah pekarangan rumah.

Masih ada lagi banyak bunga yang disukai lebah klanceng. Berikut adalah beberapa daftar bunga yang disukai klanceng.

  1. Bunga Bayam
  2. Bunga Kaliandra
  3. Bunga Kersen
  4. Bunga Pisang
  5. Bunga Matahari

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat admin sampaikan mengenai bunga yang disukai lebah klanceng atau bunga kesukaan lebah klanceng. Semoga bermanfaat.

Belum Ada Komentar untuk "Bunga yang Disukai Lebah Klanceng"