√ Pakan Buatan Lebah Madu Alternatif Saat Paceklik

Rabu, 03 Januari 2018

Pakan Buatan Lebah Madu Alternatif Saat Paceklik

Pakan Buatan Lebah Madu

Nektar bunga sangat dibutuhkan oleh lebah madu karena merupakan bahan utama sebagai bahan madu. Nektar merupakan salah satu sumber pakan lebar yang terdapat pada bunga. Sebagian besar sumber energi lebar berasal dari nektar yang terdiri atas tiga macam pada tumbuhan yaitu nektar nupital yang dihasilkan dari dalam atau dekat bunga, nektar ekstra nupital yang dihasilkan dari bagian tumbuhan lain, serta nektar bunga yang dihasilkan dari tumbuhan itu sendiri.

Tumbuh-tumbuhan yang memproduksi nektar sebenarnya bukan hanya untuk memikat serangga saja. Karena, jika nektar tersebut tidak dihisap oleh serangga maka malah akan menjadi sia-sia. Oleh karena itu, tumbuhan yang memproduksi nektar tidak bisa berkembang biak sendiri, melainkan membutuhkan bantuan serangga.

Pakan Buatan Lebah Madu

Pemeberian pakan buatan lebah madu seperti nektar buatan (diluar pakan pokok) bertujuan untuk mengatasi kekurangan pakan saat musim paceklik, yaitu kondisi dimana tanaman sumber pakan sedang tidak berbunga. Kalau tidak ada pakan buatan, maka lebah madu tidak akan mendapatkan makanan pokoknya ketika musim paceklik atau saat perpindahan musim paceklik.

Pakan buatan lebah madu seperti nektar bisa dibuat menggunakan bahan berikut ini:

#Menggunakan Bahan Gula dan Air

  1. Bahan gula dan air
  2. Perbandingan 1:1

#Menggunakan Tepung

  1. Adonan tepung dari campuran bahan ragi, tepung kedelai, serta susu kering
  2. Perbandingan 1:3:1
  3. Tambahkan madu secukupnya

#Hasil Samping Pengolahan Tapioka

Hasil samping pengolahan tepung tapioka merupakan hasil hidrolisis pati sehingga mempunyai kandungan gula layaknya glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Bahan ini bisa digunakan sebagai pakan alternatif lebah madu saat musim menjelang bunga.

#Sirup Gula Pasir

Sirup gula pasir juga dapat digunakan sebagai pakan buatan lebah madu sebagai alternatif karena kandungan gulanya yang sesuai dengan nektar, makanan pokok lebah madu.

Pemberian Pakan Buatan Lebah Madu

Setelah memiliki ketersediaan pakan buatan lebah madu, maka langkah selanjutnya adalah memberikan pakan tersebut. Untuk pemberiannya, pakan buatan ditempatkan di dalam stup yang mudah diatur oleh kita namun mudah dijangkau oleh lebah madu. Oleh karena itu, perlu adanya mopdifikasi agar proses penyiapan pakan buatan mudah dilakukan.

1 Komentar untuk "Pakan Buatan Lebah Madu Alternatif Saat Paceklik"

Can I play Baccarat on the Go? | BetRione Online Casino
Baccarat is one 제왕 카지노 of the best ways to play Baccarat on the Go online worrione gambling platform. You'll learn all the details about 바카라 the rules, the rules and other